SELAYANG PANDANG IMAM ALI BIN MUSA AL-RIDHA AS

SELAYANG PANDANG IMAM ALI BIN MUSA AL-RIDHA AS

Ringkasnya tak ada wilayah yang di dalamnya terdapat kelurga Ali yang tidak memberontak menentang keluarga Abbasi, dengan kehendak dan keinginan sendiri atau kemauan masyarakat. Bahkan situasi sedemikian rupa sehingga penduduk dan masyarakat Bainun Nahrain Syam yang dikenal dengan disepakati keturunan Muawiyah dan keluarga marwan, bergabung dengan Muhammad bin Muhammad Alawi, sahabat Abul suraya, mereka menulis surat yang menyatakan mereka sedang menunggu utusannya untuk menyampaikan pesannya.

APA YANG MENJADI SANDARAN MAKMUN?

Walaupun ayah Makmun memberinya kedudukan ke dua setelah Amin, namun masalah ini tentunya bagi Makmun tidak memberikan jaminan dari segala sisi tentang masa depannya terkait dengan masalah pemerintahan. Karena tidak bisa di percaya bahwa saudara dan putra-putra Abbasi, ayahnya melanggal janji mereka. Dengan demikian, apakah Makmun bisa bersandar kepada yang lain, jika terjadi hal yang membahayakan posisinya?

Bagaimana Makmun bisa menjadi penguasa dan mendapatkan kekuatan? Dan jika mendapatkan kekuasaan bagaimana ia harus memperkuat tonggak-tonggaknya?

Inilah pertanyaan-pertanyaan yang senantiasa memenuhi benak Makmun. Dan ia harus menemukan jawabannya dengan penuh perhatian dan hati-hati serta penuh kesadaran dan kemudian memulai gerakannya dengan menyesuaikan dengan jawaban-jawaban pertanyaan di atas.

Inilah saatnya kita memperhatikan bermacam-macam aliran dan kelompok yang berada di masa Makmun.

BACA JUGA:  IMAM ALI AS DAN SERIBU KEPENG EMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright © 2019, Mulla Shadra Hasan Abu Ammar ra