Pandangan Ayatullah Mar’asyi Najafi Tentang Masjid Jamkaron
Salah seorang marjak taklid orang-orang Syiah, Ayatullah ‘uzhmah Sayid Syihabu Din Mar’asyi Najafi (Wafat pada tanggal 17 Syahriwar tahun 1469 hijriah syamsiah bertepatan dengan 7 Shafar tahun 1311 hijriah qamariah) tentang keberadaan dan keutamaan masjid Jamkaron, beliau berkata: Masjid yang suci ini didirikan dan dibangun pada awal-awal kegaiban hadhrat Baqiatullah (imam Mahdi) afs. Dan di dalam catatan-catatan lama dikenal dengan nama-nama: Masjid Shahibus Zaman, Masjid Jamkaron dan Masjid Hasan bin Mustlah dimana dari masing-masing nama tersebut memiliki hubungan tersendiri.[7] Imam Mahdi berulang-ulang terlihat di masjid ini. Ulama besar dan perawi hadist yang tinggi derajatnya yaitu Syekh Shaduq ra di dalam sebuah kitab bernama Munisul Hazin, peristiwa didirikan dan keutamaan masjid ini menyebutnya dengan sangat rinci. Setelah sekian lama masjid ini diperbaiki oleh Syekh Shaduq ra. Dan setelah itu beberapa kali di perbaiki pada jaman Shafawiyah. Dan pada masa kepemimpinan Ayatullah ‘uzhmah Abdul Karim hairi juga mengalami perbaikan.
Hamba alfakir sendiri menyaksikan keramat-keramat terjadi di sana. Saya berulang-ulang berhasil baitutah (bermalam) di masjid itu selama 40 malam, di malam Rabu dan mendapatkan hajat-hajatku. Tidak diragukan bahwa masjid ini adalah salah satu tempat yang menjadi perhatian dan turunnya berkah-berkah Ilahi. Dan setelah masjid Sahlah di Kufah (dimana dihubungkan dengan wujud yang mulia imam waliyul Ashr, imam Mahdi afs) merupakan tempat terbaik yang dihubungkan dengan imam Zaman afs.[8]