SELAMAT ATAS HARI LAHIR IMAM HASAN MUJTABA AS

SELAMAT ATAS HARI LAHIR IMAM HASAN MUJTABA AS

AQIQAH DAN SEDEKAH UNTUK IMAM HASAN AS

Ketika kelahiran imam Hasan as telah mencapai tujuh hari, Rasulullah saww memotong dan berkurban dua ekor kambing yang berwarna bagus untuk aqiqah dan sedekah imam Hasan as. Satu paha beserta uang satu dinar diberikan kepada bidan yang membatunya pada saat kelahirannya. Dan mencukur rambut imam Hasan as. Dan bersedekah perak seukuran berat rambutnya, dan kepala imam hasan dioles dengan wewangian. Kemudian nabi bersabda kepada Asma’: mengoleskan darah adalah perbuatan orang-orang jahiliyah. (dimana kebiasaan jahiliyah adalah mengoleskan sedikit darah diatas lutut bayi yang baru lahir).

 *****

Jabir juga menukil: Ketika Fathimah as sedang mengandung Hasan as, dan setelah Hasan lahir, sementara Rasulullah telah berpesan supaya imam Hasan as dibedong (dibungkus) dengan kain berwarna putih, mereka membungkus imam Hasan yang masih bayi dengan kain berwarna kuning. Kemudian Hadhrat Fathimah as membawa dan menyerahkannya kepada imam Ali as dan berkata: Berilah nama bayi ini.

Imam Ali as berkata: Saya tidak akan mendahului Rasulullah dalam memberikan nama bayi ini. Rasulullah saww datang ke rumah Fathimah dan imam Ali as dan menggendong imam Hasan as dan menciumnya. Kemudian meletakkah lidahnya di mulut imam Hasan as dan imam Hasan as menyedotnya.

Pada kesempatan ini Rasulullah bersabda kepada orang-orang yang hadir: Bukankan saya telah berkata bahwa bayi jangan dibungkus (dibedong) dengan kain warna kuning. Kemudian Rasulullah saww meminta kain putih dan menyingkirkan kain kuning dan membedong tubuh imam Hasan as dengan kain putih. Kemudian Rasulullah saww mengumandangkan adzan ditelinga kanan imam Hasan dan iqomah di telinga kirinya. Kemudian Rasulullah saww bertanya kepada imam Ali as: Anda memberinya nama  siapa?

BACA JUGA:  KISAH SAIYIDUS SAJIDIN IMAM ZAINUL ABIDIN AS

Imam Ali as menjawab: Saya dalam pemberian nama tidak akan mendahului Anda ya Rasulullah.

Allah swt memberi wahyu kepada Jibril bahwa telah lahir seorang wahyu untuk Muhammad saww. Turunlah kepadanya dan sampaikan salam kepadanya dan ucapkan selamat dariku dan juga darimu. Dan katakan kepadanya bahwa Hubungan Ali as terhadapmu sama seperti hubungan Harun as terhadap Musa as, Letakkanlah nama putra Harun as untuk bayi itu.

Rasulullah bertanya: Siapa nama putra Harun as?

Jibril menjawab: Namanya adalah Syabar.

Rasulullah saww bersabda: Bahasaku adalah bahasa Arab.

Jibril berkata: berilah dia nama Hasan as

Rasulullah saww memberinya nama Hasan as.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright © 2019, Mulla Shadra Hasan Abu Ammar ra