PERISTIWA KELAHIRAN AGUNG ALI AS DI DALAM KA’BAH

PERISTIWA KELAHIRAN AGUNG ALI AS DI DALAM KA’BAH

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم صل على محمد و آل محمد

Imam Ali as lahir pada hari Jum’at, tanggal 13 Rajab, tahun 30 pada tahun gajah (sepuluh tahun sebelum kenabian) di Mekah tepatnya di dalam Ka’bah.

Ibunya adalah Fathimah putri Asad putra Hasyim putra Abdu Manaf. Imam Ali as dan saudara-saudaranya adalah orang-orang pertama baik dari pihak ibu maupun ayah berasal dari keturunan Hasyim (Hasyimi). (dengan demikian Abu Thalib ayah imam Ali as menikah dengan sepupunya (putri pamannya), dan ibu imam Ali as adalah putri dari paman Nabi saww).

Salah satu kekhususan imam Ali as adalah ia dilahirkan di dalam Ka’bah dimana tak seorangpun sebelumnya yang dilahirkan di dalam Ka’bah. Hal ini merupakan kebanggaan yang sangat berharga dan memiliki derajat yang sangat tinggi dimana Allah swt demi menghormati dan meninggikan aqom dan kedudukan yang begitu tinggi diberikan secara khusus kepada Amirul Mukmini Ali as.

Imam Sajjad as berkata: Fathimah binti Asad pada saat thawaf mengelilingi Ka’bah mengalami sakit pertanda hendak melahirkan. Kemudian masuk ke dalam Ka’bah dan melihirkan imam Ali as di dalamnya.

BACA JUGA:  KEUTAMAAN AMIRUL MUKMININ ALI as

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright © 2019, Mulla Shadra Hasan Abu Ammar ra